BloggerrKu

Upgrade OS Blackberry

Minggu, 19 Juni 2011 , Posted by Yohanes at 22.47

Sebelumnya saya pernah membahas cara upgrade OS pada handphone Nokia, bisa dilihat disini. Nah, kali ini saya akan membahas cara upgrade Os pada Blackberry nih. Seperti biasa, hal yang harus kita butuh kan untuk melakukan nya:

  1. DM (Dekstop Manager), Biasanya saat membeli Blackberry, kita mendapatkan cd untuk instalasi, nah kita bisa menginstalnya menggunakan cd ini, atau jika yang cd nya hilang, bisa juga koq Download disini
  2. BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife) Untuk Wipe Blackberry, hal ini akan menghapus semua os di Blackberry anda. Blackberry anda menjadi Blackberry tanpa OS setelah di wipe menggunakan ini. Dan juga masih banyak lagi yang bisa dilakukan BBSAK ini, misalnya menghapus file-file COD. Jangan lupa sebelum menginstal Aplikasi ini, disarankan untuk menginstal Framework 2.0. Dan juga jika anda ingin menggunakan OS hybrid, bisa menggunakan Shrink OS, Semuanya bisa Anda Download disini
  3. Dan yang pasti OS nya tersebut,  bisa di Download disini, pilihlah sesuai carrier (operator) / tidak juga ga masalah koq.
Nah, jika semuanya sudah anda miliki, tahap pertama adalah menginstal Frimework 2.0 nya terlebih dahulu, kemudian BBSAK, dan barulah anda instal Dekstop Manager nya, kemudian OS nya. Ok, saat nya kita mengolah OS nya tersebut:
1. Jika Anda Pengguna Blackberry T-Mobile, dan ingin mencoba menginstal OS 6 pada blackberry Onyx 1. Pastikan anda menghapus file 
net_rim_bb_theme_tmobile_BlackBerry6_480x360_b.cod
net_rim_bb_theme_tmobileuu_480x360_BlackBerry6_b.cod
semua yang mengandung kata 'podcast'
semua yang mengandung kata 'myspace'
net_rim_font_arial > courier > georgia > tahoma > times > trebuchet > verdana
net_rim_speech_data_en_US
pada Instalan OS anda yang terletak di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\INSTALAN OS 6 ANDA\Java. Hal ini disarankan agar kapasitas memory pada Blackberry Anda bisa memiliki ruang lebih, dan mencegah tampilan pada OS 6 nya menjadi kecil.

2. Sambungkan Blackberry anda ke PC dengan kabel datanya, kemudian jalankan BBSAK untuk Wipe OS anda. Jika disuruh memasukan password, kosongkan saja, klik ok dan Klik Wipe Device pada BBSAK
klik disini untuk memperbesar gambar

3. Setelah Proses diatas selesai, layar pada Blackberry anda akan bertuliskan error 507, tidak apa-apa, bearti anda masih berada dijalan yang benar ^_^. Pada Tulisan saya di atas tadi, saya menyebutkan OS hybrid, apa sih OS hybrid itu, OS ini adalah campuran dari bermacam-macam OS, yang diambil fitur terbaik nya saja, misalnya pada OS 5.0.0.743 untuk onyx 1, ini bagus pada browser nya, dan pada OS 5.0.0.1014 bagus pada batre nya. Nah, digabungkan lah os tersebut menjadi satu, dan terbentuk lah OS hybrid ini, anda bisa mendapatkan banyak OS hybrid koq, bisa cari di google yah. Jika anda sudah mendapatkan OS hybrid nya, instal OS tersebut dan letakan di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\INSTALAN OS 6 ANDA\Java, atau jika OS tersebut bertype RAR, extract dan copy ke tempat instalan OS asli tersebut.

4. Ini hanya dilakukan untuk pengguna OS hybrid. Jika tidak, Lewati tahapan ini.
Setelah di instal, jalankan Shrink OS, gunanya untuk menghapus file-flie yang tidak dibutuhkan, centang file tersebut. Catetan tambahan, jangan mencentang Default dan OTA. Jika sudah, klik Shrink OS.
klik disini untuk memperbesar gambar

5. Jalankan Loader.exe, bisa dari BBSAK-Load OS, atau Shrink OS-Launch Loader, Atau juga bisa langsung masuk ke C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader. Nanti Akan diproses secara Otomatis, kita hanya tinggal menunggu saja, Atau juga bisa masuk ke DM, Upgrade OS, dan pilih Loader OS. Proses ini bisa memakan waktu 15-20 menit.

6. Jika sudah selsai proses instalasi nya, anda bisa pencet kombinasi tombol alt+aA+H dari Blackberry anda untuk melihat Versi OS nya, misalnya pada Blackberry saya menggunakan OS 5.0.0.743 akan terlihat seperti gambar dibawah

Dan jika anda Menginstal OS hybrid, anda bisa mengecek nya juga, masuk ke Options, Applications, klik tombol Gambar Blackberry dan pilih Modules, disitu akan terlihat macam-macam OS yang digunakan dalam mengkombinasi OS hybrid ini.

NOTE: jangan lupa untuk BACKUP data-data anda, segala kehilangan, atau kerusakan bukan Tanggung jawab kami. Thx ^_^




Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar