BloggerrKu

Miring Karena Salah Bikin

Sabtu, 26 Maret 2011 , Posted by Yohanes at 01.04



Menara Pisa, salah satu objek wisata yang paling terkenal di Italia, ternyata menjadi miring karena salah bikin. Dan lebih dari itu, menara ini ternyata dibangun dalam waktu lebih dari se abad.
Menara itu dibangun dalam Tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 1178, yang berlangsung hingga tingkat tiga, pekerjaan dihentikan karena pada tahun ke lima, menara sudah mulai miring ke selatan. Pekerjaan pembangunan menara di henti kan hingga kira - kira 100 tahun. Sebelum pada tahun 1272, tinggi menara ditambah 4 tingkat ke arah berlawanan agar menara dapat tegak.
Karena tanah disekitar menara Pisa tidak stabil, pembangunan dihentikan, hingga dilanjutkan pada tahun 1360 atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini pula ditempatkan ruang lonceng pada puncak menara, dan menara Pisa mendapatkan bentuknya seperti yang sekarang kita kenal.
Mungkinkah menara Pisa di tegak kan?? Mungkin saja, namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan. Sekali pun menara Pisa di tegak kan, bagian - bagian dalam menara akan tetap melengkung akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya 823 tahun yang lampau.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar